Jumat, 09 November 2012

TENTANG "BENAR" YANG DISIMPAN DITENGAH

FSKMP ( Forum Study dan Komunikasi Mahasiswa Pasundan) 
Berangkat dari sebuah komunitas berbasis kedaerahan di kampus merah yang imut nan komplek dengan segala dinamika yang terus menerus berubah, organisasi ini telah menyatakan kenasionalismeannya dengan slogan anti primodialisme. Bukan hanya slogan namun sistem tata organisasi mengadopsi berbagai masukan dari organisasi yang dinilai selayaknya organisasi. FSKMP yang dulu cuma paguyuban tumbuh menjadi komunitas yang ke-HMI-HMI -an dalam perjalanannya namun kini telah menjadi bentuk yang sejatinya, mendekati sejati tepatnya. CAGEUR, BAGEUR, BENER, PINTER, SINGER yang diejawantahkan setiap kepengurusan baik tersurat maupun tersirat. Cita - cita ini begitu luhurnya hingga butuh seumur hidup untuk mengamalkannya, perjuangan sampai mati.
Sedikit menguraikan tentang motto ini, sebatas pengetahuan saya selama menjadi kader.
Cageur yang artinya sehat dalam bahasa indonesia bermakna bahwa setiap kader FSKMP mesti menjaga kesehatan jasmani maupun rohani maka dari itu adanya bidang seni dan olahraga serta rohani guna mengakomodir " Cageur " ini kepada setiap kader, cageur disini merupakan kewarasan jiwa dan raga dalam menjalani kehidupan yang memungkinkan setiap individu dapat bertanggung jawab atas diri sendiri.
Bageur yang artinya baik dalam bahasa indonesia bermakna aktivitas organisasi maupun individu harus baik dalam hal ini memberikan manfaat yang positif dan bertingkah laku sesuai dengan norma, agama dan hukum yang di yakini.
Bener yang artinya benar dalam bahasa indonesia merupakan kesatuan pemikiran, sikap dan tindakan yang berorientasi pada kebenaran, menjalankan aktivitas organisasi secara benar serta mencapai suatu sudut pandang yang mengarah pada kebenaran.
Pinter yang artinya pintar dalam bahasa indonesia merupakan daya pikir yang dapat menerjemahkan simbol - simbol yang rumit menjadi mudah dimengerti dan dapat menciptakan kreativitas, inovasi dan mendayagunakan kemampuan semaksimal mungkin dalam hal ini " Pinter " tidak hanya dipandang sempit yakni sebatas mendayagunakan otak dalam hal pelajaran sekolah namun dalam kehidupan sehari - hari terlebih aktivitas organisasi.
Singer yang artinya " Perpect " menurut Hadi Hartono sebagai salah satu pendiri FKSMP, atau pengurus angkatan 2004 memaknai dengan "Lincah" , cepat tanggap dalam segala sesuatu khususnya aktivitas organisasi, merupakan pencapaian tertinggi setiap manusia yang mempunyai keyakinan, dalam hal ini merupakan sesuatu yang takan pernah selesai hingga menjelang ajal karena sosok manusia sempurna bisa diartikan manusia yang memanusia
( dimanusiakan dan memanusiakan manusia) bingungkan? atau hanya tuhan yang tahu..orang mengartikannya dengan manusia yang selalu berusaha mencapai ridha illahi.
Kelimanya saling berkaitan dan melengkapi dalam hal ini merupakan urutan perjalanan menuju " Singer " namun kenapa " Bener " disimpan ditengah?
Kebenaran manusia yang mungkin relative namun kebenaran tuhan yang sangat mutlak maka kebenaran haruslah didahulukan daripada kepintaran yang memungkinkan distorsi dan penyelewengan untuk kepentingan yang negative.
kami disini bersaudara seiya dan sekata/bersama jabat tangan kita/peluk nyali nan mesra..

Kutipan mars FSKMP karangan kang Gilang ini, mars yang wajib dinyanyikan pada moment - moment tertentu semisal LK atau kegiatan - kegiatan organisasi lainnya.
sungguh organisasi yang unik yang dapat bertahan dengan orientasi, nama dan gerakan yang kaya namun lebih tepatnya berbeda..saat falsafahnya begitu sunda namun menyeluruh dalamsendi - sendi kehidupan.
" Bertindak lokal namun pemikiran kian global " mesti terwujud selalu disetiap angkatan.

SUMBER : semestaterang.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar